KISAH DUA SAHABAT

Assalamualaikum teman - teman. Hari ini saya mau cerita tentang dua orang sahabat.

Pada suatu hari tinggallah dua sahabat akrab sejak kecil. Mereka sering bermain bersama,jalan bersama dan melakukan semua aktiviti bersama. Dua orang sahabat ini bernama Hasan dan Husein. Mereka sangat gembira dapat bersama slalu. Sekarang mereka sudah besar dan menikah. Lalu mereka mempunyai anak. Hasan mempunyai anak perempuan yang cantik manakala Husein mempunyai anak lelaki yang ganteng. 

Pada suatu hari Hasan sangat sedih, Husein mendatanginya dan menanyakan apa yang terjadi. Hasan pun menjawab " aku mempunyai tanah luas tetapi tidak ada yang mau beli " . "Tenang saja wahai sahabatku , aku akan membeli tanah itukata Husein. " Benarkah? terima kasih sahabatku " kata Hasan dengan wajah gembira. Keesokan paginya , Husein menanam padi di tanah yang kemarin baru saja dibelinya dari sahabatnya , Hasan. 

 

Tiba - tiba saat Husein mencangkul di tanah tersebut dia menemukan sebuah vas emas. Dia pun langsung lari untuk menemui Hasan. Hasan kaget dan bilang " kamu sudah membeli tanah itu jadi itu milikmu Husein " . Husein berkata " tapi ini milikmu ". Mereka berantem ingin mengalah dan akhirnya mereka pergi menemui hakim agar dapat menyelesaikan masalah tersebut. Mereka pun sampai di tempat hakim dan menyeritakan masalahnya.  Hakim bertanya apakah mereka mempunyai anak ? dan dua orang sahabat itu  menjawab bahwa memiliki anak. 

Dan seperti mana Hasan memiliki anak perempuan manakala Husein memiliki anak lelaki. Hakim menyarankan agar vas emas itu untuk mahar pernikahan anak mereka. Dan mereka berdua menanyakan ke anaknya masing - masing , lalu anak Hasan dan Husein pun setuju. Dan akhirnya dua orang sahabat itu pun menjadi saudara.

Pesan moralnya ialah KITA HARUS MENGALAH DENGAN ORANG LAIN.


Comments

Popular posts from this blog

Aku Sepasang Kasut

The Fox in the Ice

Puteri: Direbut Malaikat